Info yang pernah saya dapat, service AC mobil perlu dilakukan berbarengan dengan service rutin kendaraan. Katakanlah kendaraan kita di service tiap 5000 km untuk penggantian oli rutin dan oli maupun peralatan lain sesuai buku service.
Terlebih untuk mobil keluaran terbaru, service rutin ini dilakukan misalkan dengan membersihkan filter udaranya dengan udara bertekanan maupun penggantian2 lainnya. Saya tidak mau memaksakan mendetailkan nama peralatannya karena merasa tidak mumpuni. Saya memang tidak menguasai keilmuan mengenai alat pendingin ini secara detail. Ini sekaligus sebagai pengakuan kalau nilai termodinamika saya memang gak bagus2, plus juga waktu di laboratorium – modul refrigerasi saya di tolong oleh dosen dan as-dos yang bageur2 (hatur nuhun pisan pak, kang,..!). Tapi setidaknya saya tau lah big-picture sebuah AC mobil, hehehe… Yang akan saya ceritakan disini adalah pengalaman saya mencari bengkel AC Mobil aja, bukan hal-hal yang teknik.
Saya tidak menjalankan anjuran mekanik mobil mengenai servis AC secara berkala. Waktu itu saya pernah disodorkan dengan “skenario servis AC” yang menjelaskan secara detail aktivitas dan harga yang dikenakan pada tiap servis AC secara berkala namun tidak membuat saya tertarik. Harga adalah alasannya, hehehe… Selain itu, kalau dilihat dengan mobil yang saya punya, sistem pendingannya pun sederhana jadi tidak perlu banyak perawatan. Setelah hampir 4 tahun barulah AC saya terasa tidak dingin, dan saat itu saya ke bengkel AC. Kebetulan, tetangga saya adalah mantan karyawan Denso dan punya bengkel AC jadi saya sangat terbantu dengan membawa kendaraan saya ke tempatnya: one stop service. Belanjanya memang banyak, maklum udah berumur. Sayangnya, tetangga saya yang keahliannya itu bisa dibilang jago banget dalam hal AC pindah ke kampung halamannya dan memutuskan untuk berbisnis disana. Saat itu yang saya terpikir adalah: nasib AC saya, hehehe…
Kekhawatiran pun terbukti. Baru-baru ini, lewat 2 tahun AC saya tidak di servis ternyata mulai terasa tidak terlalu dingin lagi. Saat itu saya bingung, mau dibawa kemana ya. Terkadang kalau saya bepergian saya mulai menandai mana bengkel-bengkel AC yang menarik.
Pencarian juga dilakukan melalui dunia maya. Satu hal yang menarik adalah tidak banyak bengkel AC yang sudah membuat bengkel-nya secara on-line. Setidaknya itu yang saya cari di sekitar depok dan Jakarta. Bahkan untuk kategori Jakarta pun saya hanya mendapatkan satu yang memiliki testimoni panjang, tapi sayangnya lokasinya jauh nian: di Jakarta Pusat dekat dengan Mal Sunter, ampun deh jauh banget dari rumah. Website ini pun muncul di mesin pencari karena berada dalam domain kaskus. Testi yang ada menunjukkan semua yang kesini berhasil mendapat respon positif (yang negatif disimpen sendiri aja dong, hehe..). So, ini peluang bisnis kawan…
Ada beberapa alternatif bengkel AC yang akan saya kejar di wilayah Depok. Sayangnya tidak ada info sedikitpun mengenai review dari tempat-tempat ini. Yang pertama adalah di jalan Putri Tunggal, dekat pertigaan Cibubur Village. Yang kedua adalah di Cibubur Point, samping Gedung Karnos Film. Yang ketiga di pusat otomotif Ramada, jalan Margonda dekat ITC Depok. Dan sepertinya ada juga bengkel-bengel AC di jalan Margonda. Sebenernya beres A2000 juga bisa melakukan servis. Tapi kakak saya punya pengalaman buruk dengan hasil kerja beres di Supomo sehingga saya agak parno untuk menyerahkan urusan pendinginan ini ke beres manapun.
Berhubung hari Minggu tidak ada agenda, saya memutuskan untuk membawa ke bengkel AC. Keputusan jatuh di Cibubur Point karena mempertimbangkan posisinya yang berada di kawasan perbengkelan. Asumsi saya, tempat ini bonafid untuk sebuah bengkel. Toh dia berada di jalan Trans-Yogi yang pasti sibuk. Jadi asumsi saya pengunjungnya juga sudah banyak dan pengalamannya juga tentu sudah banyak.
Saya mampir ke bengkel dengan nama: Fortune. Saya menilai: dari sisi peralatan: mereka memang sudah siap (alat pressing, las). Masalah AC saya yang ternyata ada kebocoran pada selangnya mereka bisa temukan dan segera di ganti. Harga-pun sepertinya masih pantas. Karena masih pagi, mereka mengerahkan 4 montir (semuanya) ke mobil saya jadi pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat. Perlu sekitar 2 – 2.5 jam untuk membongkar semua, menemukan kebocoran dan memasang kembali. AC saya pun sudah dingin lagi. Satu hal yang mengganggu adalah gaya mereka bekerja yang ceroboh dan sedikit kasar. Contohnya ketika membongkar dashboard, banyak panel yang kecil-kecil yang kehilangan, mereka perlu konfirmasi dulu ke saya apakah ini sebelumnya panel ini ada atau tidak. Setelah saya bilang ada, mereka baru cari-cari kemana hilangnya dan baru dipasang. Ada juga yang kabel soketnya tidak dipasang sehingga electric-mirror tidak bekerja sehingga saya sempat kembali lagi kesana setelah jalan pulang ke rumah. Jika mereka lebih hati-hati dan halus dalam menangani barang orang maka saya akan puas sekali dengan pekerjaan bengkel ini. Sepertinya saya akan mencari bengkel lain kalau harus servis AC.
Punya rekomendasi tempat servis yang bagus? Silakan pasang testimoni disini, yang detail ya, mudah-mudahan bisa ke tangkep oleh search engine. Terima kasih.
Selama ini kalau ada apa2 Mobil ke Beres Nissan Margonda sih..hehe.
Kecuali Body Repair, pernah ke Bengkel Mulia di Sukma Jaya deket DTC.
Ada faktor jodoh2an juga kali ya dengan beres, hehe… Kadang ada beres yang OK banget mengerjakan pekerjaan tertentu. Kadang ada yang ceroboh…
makasih info alamat bengkel mobil AUTO KOOLnya.